TUMORNYA LEBIH BESAR DARI HAMIL 9 BULAN


Setiap orang melihat khoiriyah, tentu beranggapan ibu berusia 32 tahun ini sedang hamil. Maklum, perutnya memang seperti ibu hamil 9 bulan. Bahkan lebih besar dari itu.
Tetapi jangan salah, “saya tidak hamil, tapi mengidap tumor kandungan,” kata khoiriyah.
Kata Khoiriyah, tumor itu bersarang di dalam tubuhnya sudah 6 tahun. Ia menginap penyakit itu setelah melahirkan anak keduanya.
Awalnya, ia tidak mengira dirinya terserang penyakit yang sering dialami oleh kaum hawa ini. Baru sadar setelah memeriksakan ke puskesmas dan dinyatakan terkena penyakit tumor.
Namun, ia tidak bisa berbuat apa-apa karena ketiadaan biaya. Apalagi tidak lama setelah ia melahirkan, suaminya meninggal dunia.
                “Ibu Khoiriyah menderita Tumor ovarium yang istilah medisnya bernama cystoma ovarii permagna, sejenis tumor jinak,” kata dr. afifah.
                Namun demikian, karena ukurannya sudah sedemikian besar, penyakit itu telah mengganggu fungsi organ tubuh yang lain. “ operasi, satu-satunya jalan untuk menyembuhkan penyakitnya,”jelas afifah.
                Kini untuk bertahan hidup, ia berkerja sebagai pemulung. Berkilo-kilo meter ia berjalan untuk mengumpulkan barang bekas. Barang itu kemudian ia jual. Namun karena kondisinya yang sakit, barang yang ia kumpulkan tidak terlalu banyak. “Kadang sehari berkeliling Cuma mendapat 7.000 rupiah,” katanya.
                Sebenarnya ia ingin operasi. Namun kondisi dirinya yang tidak memungkinkan. Akhirnya, ibu dua anak ini bertahan dengan penyakitnya sampai sekarang.
                Baginya, bisa makan sehari-hari sudah merupakan karunia Allah yang sangat besar. Anaknya yang pertama hanya mampu bersekolah hingga SLTP.
                Bagaimana dengan JAMKESMAS ? “Sempat sih diantar oleh tetangga ke RSUD sidoarjo, namun saya tidak tahu persis apa sebabnya kok tidak terus,”jawabanya polos dan lugu.
                Ibu yang tinggal di rumah warisan sang suami, Dusun Cangkringan Rt. 24 Rw 09 Sidokare sioarjo ini mengaku lelah bolak-balik dengan kondisi perut sebesar itu. Namun apa mau dikata, ia pasra saja dengan keadaannya. Anda  Bekenan meringankan bebannya??